Terapi Imun untuk Sinusitis

unnamed (6)Buat yang pernah or sedang kena sinusitis, pasti paham penyakit ini bukan kategori sakit berat tapi cukup mengganggu aktifitas. Gimana gak ganggu, tiap pagi udah berusaha buang lendir tapi gak lama penuh lagi tuh lendir di hidung. Bener kan?

Gejala lain biasanya antara lain hidung mampet, dengung di kuping, gampang capek, kadang suka sakit di dahi, pusing-pusing, dll. Kalau semua gejala-gejala sinusitis tadi sembuh dalam waktu kira-kira sebulan, itu biasanya disebut sinusitis akut. Tapi kalau lebih dari 3 bulan gejala-gejalanya masih ada, ini biasanya disebut sinusitis kronis.

Sinusitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus or bakteri. Tapi sinusitis kronis biasanya cenderung karena ada alergi terhadap sesuatu. Ada juga yang gejalanya muncul berulang, misal tiap 3 bulan sekali kambuh lagi. Nah yang berulang begini kemungkinan besar sih karena alergi.

Selain karena infeksi dan alergi, ada juga yang karena struktur rongga hidung gak sempurna & bikin lendir susah keluar. Kalo kasus yang terakhir ini biasanya disarankan operasi utk memperbaiki saluran-saluran atau struktur yang ada di hidung. Tapi untuk sebab-sebab yang lain (karena infeksi dan/atau alergi), keduanya berhubungan erat dengan sistem imun alias sistem daya tahan tubuh. Jadi kuncinya lagi-lagi di sistem imun (hubungan alergi dengan sistem imun bisa dilihat di sini).

Jadi karena biang masalahnya ada di sistem imun ya solusinya perbaikan sistem imun. Dan lagi-lagi banyak yang missed di sini. Missed bagaimana? Banyak kasus sinusitis yang gak sembuh-sembuh justru karena penanganannya tidak sampai ke perbaikan sistem imun, padahal jelas sekali itu kunci untuk penanganan sinusitis.

Jadi karena biang masalahnya ada di sistem imun ya solusinya jelas perbaikan sistem imun. Dan lagi-lagi banyak yang missed di sini.

Dengan kata lain, banyak penanganan sinusitis yang hanya berkutat di soal ngilangin lendirnyalah, mampetnya, bindengnya, pusingnya, dll. Tapi minim sekali penanganan yang sampai ke akar masalah yaitu perbaikan sistem imun.

Jadi bagaimana seharusnya menangani sinusitis? Ya jelas harus disikat akar masalahnya, yaitu perbaikan sistem imun. Disinilah perlunya terapi imun bagi penderita sinusitis. Terapi bagaimana?

  1. Sistem imunnya harus dibikin kuat supaya gak gampang kena infeksi. Sistem imun yang kuat akan mampu mencegah dan membasmi virus/bakteri penyebab infeksi. Kalau infeksi bisa teratasi, akan berdampak pada kesembuhan dari sinusitis
  2. Pada saat yang bersamaan, sistem imunnya harus dibikin pintar supaya gak overreactive lagi (baca kultwit ). Sistem imun yang pintar akan mampu mengenali penyebab alergi, sehingga sistem imun gak overreactive lagi menghadapi allergen. Dan ujung-ujungnya, alergi dan sinusitis gak kambuh lagi

Lalu gimana caranya sistem imun kita bisa pintar dan kuat? Kalau untuk memperkuat sistem imun mah gampang. Cari saja di apotik produk-produk untuk meningkatkan sistem imun, sekarang sudah banyak pilihan di apotik dan toko obat.  Tapi kalau mau mencari produk yang bisa bikin sistem imun kuat dan pintar, cuma ada di link ini.

Sebagai kesimpulan, agar mendapat kesembuhan optimal, mulai sekarang para penderita sinusitus harus menjalankan terapi sistem imun agar sistem imunnya kuat dan pintar. Dengan sistem imun yang kuat dan pintar, semua penyebab alergi akan teratasi, Insya Allah. Tentu saja, jangan lupa berdoa agar diberi kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selamat mencoba!

Leave a comment